Google

Wednesday 24 October 2007

Bagaimana Tidur yang Sehat?

1. Persiapkan diri Anda dengan memastikan Anda dalam keadaan kalem dan santai sebelum tidur. Sebelum beranjak ke ranjang, lakukan aktifitas ringan. Hindari musik yang keras dan televisi. Matikan lampu. Membaca, yoga dan meditasi bisa membantu Anda bersiap-siap tidur.

2. Pastikan Anda mentaati jadwal rutin dengan tidur dan bangun di waktu yagn sama setiap harinya. Tubuh Anda akan terbiasa dengan jadwal tersebut dan akan terbiasa mempersiapkan tidur yang enak. Pastikan kamar Anda dingin dan nyaman.

3. Jika Anda menghabiskan waktu lebih dari 15 menit di ranjang untuk bersiap tidur, sebaiknya lakukan sesuatu hal yang membuat relaks tapi jangan di atas kasur. Berada di ranjang saat terjaga malah meningkatkan kekhawatiran Anda tak bisa tidur.

4. Olahraga bisa membuat Anda tidur lebih baik, tapi jika dilakukan diwaktu yang tepat tentunya. Waktu yang paling ideal untuk olahraga adalah pagi hari. Berolahraga siang hari akan membuat ngantuk. Itu karena olahraga membuat energi tubuh meningkat.

5. Jangan makan makanan berat sebelum tidur dan jangan mengkonsumsi kafein di sore atau malam hari. Jangan merokok. Alkohol juga mengganggu kemampuan tidur

No comments: